PENCURI KABUR SETELAH DIKEJAR PENJAGA MALAM ; Sehari, Dua Sekolah Dibobol

06/06/2010 09:48:01BANTUL (KR) – Kawanan pencuri membobol SMP N 1 Sewon di Jalan Parangtritis Bangi Sewon Bantul, Sabtu (5/6). Dalam aksinya pelaku menggasak lima unit monitor layar datar dan lima CPU, satu di antaranya ditinggal dipojok gedung sekolah. Akibat kejadian itu, sekolah mengalami kerugian Rp 40 juta. Pada saat bersamaan, pencuri juga menyatroni SMK 2 Sewon yang letaknya bersebelajan dengan SMP N 1 Sewon. Meskipun telah mencongkel jendela, namun tidak ada benda yang hilang. Petugas mengamankan satu unit komputer dan dua buah linggis yang diduga milik pelaku.

Penjaga malam SMP N 1 Sewon, Purwanto (45) mengatakan, sekitar pukul 02.30, sempat memergoki dua orang tidak dikenal di pojok sekolah bagian timur. Merasa curiga, saksi mengajak rekannya melakukan pengejaran. Tetapi mereka kehilangan jejak setelah pelaku meloncat pagar. ”Mereka berdua di pojok gedung paling timur, saya sempat mengejar, tetapi kehilangan jejak,” kata  Purwanto. Ia menyakini pelaku masuk lingkungan sekolah lewat pagar. Kesimpulan itu merujuk dari bekas telapak kaki di tembok.
Kendati memergoki dua orang tidak dikenal masuk lingkungan sekolah, Purwanto tidak menaruh kecurigaan telah terjadi pembobolan ruang Pusat Sumber Belajar (PSB) di SMP N setempat. Saksi justru mengecek gedung SMK yang bersebelahan dengan SMPN 1 Sewon. ”Jendela di SMK 2 juga dicongkel, tetapi belum ada kerugian,” katanya. Masih menurut Purwanto, sebelum pembobolan, instalasi listrik diperbaiki hingga malam. Sedang kunci pintu tertinggal. Ia menjelaskan, ada orang yang memperbaiki listrik dan kunci tidak sempat dicabut. ”Jelas pelaku masuk lewat pintu depan, kerusakan jendela itu hanya alibi pelaku untuk mengecoh petugas,” kata Kanit Reskrim Polsek Piyungan Ipda Supriyono.
Aksi pembobolan di SMPN 1 Sewon itu, pertama kali diketahui Kepala Humas SMP N 1 Sewon, Wiwik Sulistiyo Rini SPd, sekitar pukul 07.00. Ketika membuka pintu, saksi curiga melihat monitor layar datar dan CPU di ruang PSB tidak ada. Sedang teralis jendela  tersandar di lantai. ”Saya heran mengapa teralis bisa terlepas,” kata Wiwik.
Sadar telah terjadi pembobolan, Wiwik memberitahukan kesejumlah guru dan melaporkan ke Mapolsek Sewon dan Polres Bantul. Dari pemeriksaan tim identifikasi, terdapat kerusakan di jendela bagian timur. Sedang teralis berada di bawah jendela yang terbuka setelah dicongkel pelaku. Petugas juga menemukan satu unit CPU dan monitor layar datar di pojok salah satu ruangan. Dua buah linggis ditemukan tidak jauh dari monitor dan CPU.
(R-5/Jdm)-g

sumber :

Kedaulatan Rakyat

http://222.124.164.132/web/detail.php?sid=217524&actmenu=42

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s