TECHNICAL EXCHANGE EXPERIENCE LESSON STUDY

15 November, 2010 – 12:00 by dedy

pembelajaran lesson study di SMP 1 Sewon

Dua puluh dua orang peserta Technical Exchange Experience dari Padang dan Manado mengunjungi SMPN 1 Sewon dalam rangka observasi open lesson di kelas. Kegiatan yang berlangsung pada Rabu, 3 November 2010 ini didampingi oleh dosen dari FMIPA UNY Dr. Yosaphat Sumardi dan Anna Rakhmawati, M.Si, Subkhi, M.PdI dari Kemenag Provinsi DIY, Drs. Sumarjo dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bantul serta expert JICA Yoko Takimoto. Mata pelajaran yang di-open lesson-kan adalah bahasa Inggris bersama guru model C. Lely Damayanti, M.Pd dengan materi “Teks Fungsional Pendek Berbentuk Undangan”” di kelas 8.
Dari 3 tahapan lesson study yaitu plan, do dan see, observasi kegiatan lesson study merupakan tahap kedua berupa “do”. Kegiatan “do” diawali dengan briefing dimana guru model akan menyampaikan secara ringkas apa yang akan dilaksanakan pada pembelajaran ini. Murid terlihat sangat antusias dalam pembelajaran sejarah yang dipaparkan menggunakan perangkat lunak serta aktif dalam mempresentasikan dan tanya jawab tentang materi yang disajikan pada hari itu. Open lesson diakhiri dengan tahapan “see” atau tahapan refleksi, dimana setelah selesai pembelajaran guru model mendiskusikan kegiatan pembelajaran yang baru saja berlangsung bersama para observer. C. Lely Damayanti, M.Pd mengawali diskusi dengan menyampaikan kesan-kesan dalam melaksanakan pembelajaran dan selanjutnya observer disilakan menyampaikan komentar dan lesson learned dari pembelajaran, terutama yang berkenaan dengan aktivitas siswa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s