Menginap di Sekolah demi Ujian Nasional

23/04/2012 06:56

Liputan6.com, Bantul: Sekilas, suasana SMP I Sewon di Jalan Parangtritis, Bantul, Yogyakarta, Ahad (22/4), terlihat sepi. Namun, jika melongok ke salah satu ruang kelas, ada sejumlah siswa yang tengah asyik belajar bersama. Mereka adalah 13 dari 216 siswa yang Senin (23/4) ini akan melaksanakan ujian nasional.

Para siswa sengaja belajar di sekolah demi menghindari gangguan yang bisa merusak konsentrasi belajar. Niatan siswa mendapat sambutan pihak sekolah dengan menyediakan guru sesuai mata pelajaran yang akan diujikan. Keberadaan guru ini membuat siswa bisa menanyakan langsung pelajaran yang belum dipahami.

Para siswa memilih menginap di sekolah karena tak ingin gagal dalam ujian nasional hanya gara-gara terganggu televisi ataupun tergoda bermain internet jika tetap belajar di rumah.

Sementara Madrasah Tsanawiyah (MTS) Muhamadiah I Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah, memiliki cara untuk mendongkrak nilai siswa peserta ujian nasional. Pihak sekolah mengkarantina seluruh siswanya di sekolah selama ujian berlangsung. Sebanyak 26 siswa wajib menginap di sekolah. Mereka diminta datang dengan diantara orangtua atau keluarga.

Pihak sekolah menyediakan ruangan untuk menginap dan kebutuhan makan para siswa. Selama masa karantina mereka mendapat bimbingan dan latihan soal-soal ujian dari guru setempat untuk mempersiapkan materi-materi pelajaran yang akan diuji. Mata pelajaran yang diwajibkan yakni Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, serta Matematika.(BOG)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s