Sosialisasi Menyiasati Pelaksanaan Kurikulum 2013 Bagi SMP se DIY –

1. smp-sosialisasi

Dikpora DIY – Bertempat di ruang Auditorium Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY, hari ini (27/8) telah diselenggarakan Sosialisasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 untuk jenjang SMP, kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB tersebut dihadiri oleh perwakilan dari seluruh SMP se-DIY yang belum menerapkan kurikulum 2013.

Pada kegiatan tersebut diisi oleh tiga orang narasumber yaitu Drs. Hajar Permadhi MA dari UNY, Rudi Darmawan, M.Pd sebagai Pengawas SMP pada Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, dan Sarjiyem, S.Pd.M.A. yakni Kepala Sekolah SMP 1 Sewon Bantul yang telah mengimplementasikan kurikulum 2013 disekolahnya.
Acara dimulai dengan sambutan oleh Drs. Bambang Iryanto, M.Pd selaku kepala Seksi SMP pada Dinas Dikpora DIY, Seperti yang disampaikan Bambang, saat ini terdapat 29 SMP di DIY yang telah mencoba menerapkan kurikulum 2013, dengan diadakan sosialisasi ini beliau mengharapkan akan ada masukan-masukan terkait implementasi yang akan diterapkan ke semua sekolah nantinya. “Dengan masukan-masukan dari para implement , nantinya akan disampaikan ke pusat karena kebijakan pusat masih mengikuti proses dahulu sehingga pada penerapanya dapat disesuaikan dengan keadaan tiap sekolah. Masukan ini nantinya juga dapat dijadikan sebagai bahan kebijakan agar kurikulum berjalan lancar”.

Pada sesi ke-dua diisi dengan pemaparan materi dari Drs. Hajar Permadhi, MA mengenai dasar dan teknis pelaksanaan kurikulum 2013. Salah satu yang disampaikan beliau,perbedaan kurikulum KTSP dengan 2013 adalah kurikulum 2013 tidak menghendaki teori dahulu namun dengan ujicoba dahulu. Sesi selanjutnya adalah pemaparan dari kepala sekolah SMP 1 Sewon Sarjiyem, S.Pd.M.A yang telah menerapkan kurikulum 2013 di sekolah yang dipimpinnya dan pada sesi akhir acara di isi oleh Rudi Darmawan, M.Pd dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.

Hingga akhir acara, sosialisasi berjalan lancar dan interaktif, semoga dengan diselenggarakan kegiatan ini dapat menambah kesiapan sekolah dalam menerapkan kurikulum 2013 sehingga kurikulum dapat berjalan baik dan bisa lebih memajukan dunia pendidikan di Yogyakarta khususnya dan di Indonesia. (es) – See more at: http://pendidikan-diy.go.id/dinas_v4/index.php?view=v_berita&id_sub=2925#sthash.3Y3M98eW.dpuf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s