kurikulum

Nama        :   Purwanto, M.Hum

Jabatan    :  Staf Urusan Kurikulum

Mengajar :  Bahasa Inggris

Dalam suatu instansi pedidikan sangat berpengaruh dengan kelangsungan kegiatan belajar mengajar karena bagian ini mempunyai tugas yang sangat berat sebagai berikut:

  1. Menyusun program pengajaran
  2. Menyusun pembagian tugas guru
  3. Menyusun jadwal pelajaran
  4. Menyusun jadwal evaluasi belajar
  5. Menyusun pelaksanaan UAS/UAN
  6. Menyusun krtiteria dan persyaratan naik/tidak naik serta lulus atau tidak lulus.
  7. Menyusun jadwal penerimaan Buku Laporan Pendidikan (Rapor) dan penerimaan STTB.
  8. Mengkoordinasikan dan mengarahkan penyusunan program suatu pelajaran.
  9. Menyediakan daftar buku acara guru dan siswa.
  10. Menyusun laporan pelaksanaan pelajaran secara berkala

Struktur Kurikulum

Struktur kurikulum adalah pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kurikulum SMP 1 Sewon menganut sistem paket, yang berarti bahwa struktur kurikulumnya mencakup substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama 3 (tiga) tahun, mulai Kelas VII, Kelas VIII dan Kelas IX. Struktur kurikulum SMP 1 Sewon dapat secara singkat diuraikan sebagai berikut.

  1. Kurikulum SMP 1 Sewon memuat 10 mata pelajaran, 2 muatan lokal (1 mulok wajib dan 1 mulok pilihan), dan pengembangan diri.
  2. Muatan lokal wajib adalah Bahasa Jawa, sedangkan muatan lokal pilihan adalah PKK.
  3. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui:
    1. Bimbingan belajar 6 (enam) mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, dan PKn)
    2. Bimbingan dan konseling (yang berhubungan dengan masalah diri/pribadi, sosial, belajar, dan karir)
    3. Pengembangan minat dan bakat peserta didik
    4. Peningkatan iman dan takwa
    5. Peningkatan kepribadian dan akhlak mulia
    6. Peningkatan kedisiplinan
  4. Substansi mata pelajaran IPA dan IPS bersifat terpadu dalam hal penilaian sedangkan pelaksanaan pembelajarannya masih dilakukan oleh guru mata pelajaran
  5. Jumlah jam pembelajaran untuk tiap minggu adalah 43 jam.
  6. Alokasi waktu untuk 1 jam pembelajaran adalah 40 menit.
  7. Jam pembelajaran dimulai pukul 07.00 WIB.
  8. Alokasi waktu untuk jam istirahat adalah 20 menit.
  9. Jumlah jam pembelajaran per hari adalah:  6 jp (Senin), 8 jp (Selasa), 8 jp (Rabu), 8 jp (Kamis), 6 jp (Jumat), dan 7 jp (Sabtu)

10.  Jumlah minggu efektif dalam 1 tahun ajaran (2 semester) adalah 34 – 38 minggu.

Muatan Kurikulum

Muatan Kurikulum SMP 1 Sewon yang mencakup 10 mata pelajaran, 2 muatan lokal, dan pengembangan diri beserta alokasi waktunya dapat dilihat pada tabel berikut.

Tabel 1. Muatan Kurikulum SMP 1 Sewon

Komponen Kelas dan Alokasi Waktu
Kelas VII Kelas VIII Kelas

IX

A. Mata Pelajaran

1. Pendidikan Agama

2. Pendidikan Kewarganegaraan

3. Bahasa Indonesia

4. Bahasa Inggris

5. Matematika

6. Ilmu Pengetahuan Alam

7. Ilmu Pengetahuan Sosial

8. Seni Budaya

9. Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan

10. Teknologi Informasi dan Komunikasi

3

2

6

4

6

6

6

2

2

2

3

2

6

5

6

6

5

2

2

2

2

2

6

6

6

6

5

2

2

2

B. Muatan Lokal

1. Wajib

Bahasa Jawa

2. Pilihan

P K K

2

2

2

2

2

2

C. Pengembangan Diri 2*) 2*) 2*)

JUMLAH

43 43 43

*) ekuivalen dengan 2 jam pembelajaran

1. Mata Pelajaran

Kurikulum SMP 1 Sewon memuat 10 (sepuluh) mata pelajaran, yaitu 1) Pendidikan Agama (Islam, Katholik, dan Kristen), 2) Pendidikan Kewarganegaraan, 3) Bahasa Indonesia, 4) Bahasa Inggris, 5) Matematika, 6) Ilmu Pengetahuan Alam, 7) Ilmu Pengetahuan Sosial, 8) Seni Budaya, 9) Pendidikan Jasmani dan Olah Raga, dan 10) Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kesepuluh mata pelajaran ini diberikan pada Kelas VII, VIII, dan IX.

2. Muatan Lokal

Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah. Kegiatan pembelajaran ini termasuk kegiatan kurikuler tetapi tidak dapat dimasukkan ke dalam mata pelajaran yang ada.  Muatan lokal yang dikembangkan di SMP 1 Sewon mencakup; 1 Muatan Lokal Wajib (Bahasa Jawa) dan 1 Muatan Lokal Pilihan (PKK). Masing-masing muatan lokal tersebut memiliki alokasi waktu 2 (dua) jam pembelajaran per minggu.

3. Pengembangan Diri

Pengembangan diri adalah kegiatan yang dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, minat, dan bakatnya yang disesuaikan dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri diampu oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang ahli dalam bidangnya.

Tujuan kegiatan pengembangan diri ditekankan pada tercapainya peningkatan kecakapan hidup dan kemandirian sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Sedangkan sistem penilaian yang digunakan dalam kegiatan pengembangan diri adalah kualitatif. Hasil yang dicapai peserta didik dilaporkan secara berkala kepada sekolah dan orang tua. Nama dan alokasi waktu kegiatan pengembangan diri beserta sistem penilaian yang dikembangkan di SMP 1 Sewon secara lengkap dapat dilihat pada tabel 2 dan 3 yang disajikan pada halaman  berikut.

Tabel 2. Nama Kegiatan Pengembangan Diri SMP 1 Sewon

No.

Nama Kegiatan

Alokasi Waktu

Keterangan

I.

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

WAJIB

Konseling masalah diri/ pribadi, sosial, belajar, dan karir

Pramuka

Pengajian Kelas

Komputer

Bimbingan Belajar

(6 Mata Pelajaran)

Jabat tangan ketika masuk sekolah

Peringatan Hari Besar Keagamaan

Diklat Kepemimpinan

Upacara Bendera

Tidak terstruktur

Hari Jumat

(14.30 – 17.00)

Hari Minggu ke-3

Jam 08. 30 – 10.00

Sore hari, sesuai jadwal kelompok belajar

Pukul 13.00 – 15.00

Selasa (Kelas IX dan VIII)

Rabu (Kelas VII dan VIII)

Kamis (Kelas IX dan VII

Pagi hari ketika masuk sekolah

Maulid Nabi, Isra’ Miraj, Idul Adha, Paskah, Natal

Bulan September

Upacara Hari Senin dan peringatan Hari Besar Nasional

Bagi semua siswa

Kelas VII

Bagi siswa Kelas IX muslim, diadakan di rumah siswa

Khusus bagi siswa yang berminat

Wajib diikuti semua siswa

Wajib bagi semua siswa

Siswa sesuai agamanya

Pengurus OSIS baru

Wajib bagi semua siswa

No.

Nama Kegiatan

Alokasi Waktu

Keterangan

II.

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

PILIHAN

Seni Kaligrafi dan Seni Lukis

Mading Kelas VII dan VIII

Seni Musik (Vocal, Ansamble, Band)

Seni Baca Al Quran dan Baca Tulis Huruf Arab

Seni Tari

Menjahit dan Menyulam

Basketball

Bola volley

Bulutangkis

Sepakbola

P M R

Sore hari

# Hari Senin (Kelas VII dan VIII) (12.40 – 13.40)

# Hari Senin (Kelas VIII)    dan Hari Selasa (Kelas VII), (12.40 – 13.40)

# Hari Selasa (Kelas VII)

Hari Rabu (Kelas VIII)

(12.40 – 13.40)

# Hari Selasa (Kelas VII)

Hari Rabu (Kelas VIII)

(12.40 – 13.40)

# Hari Selasa (Kelas VII)

Hari Rabu (Kelas VIII)

(12.40 – 13.40)

# Hari Selasa (Kelas VII)

Hari Rabu (Kelas VIII)

(12.40 – 13.40)

# Hari Senin (Kelas VII, pa.),   Hari Selasa (Kelas VIII, pa.) (15.00 – 17.00)

Hari Selasa (Kelas VII, pi.), Hari Kamis (KelasVIII, pi.) (15.00 – 17.00)

# Hari Selasa (Kelas VII, pa. pi) Hari Kamis (KelasVIII, pa. pi.)

(15.00 – 17.00)

# Hari Selasa (Kelas VII)

(15.00 – 17.00)

Hari Minggu (Kelas VIII) (08.00 – 10.00)

# Hari Selasa (Kelas VII)

Hari Kamis (Kelas VIII)   (15.00 – 17.00)

# Hari Selasa (Kelas VII)

Hari Kamis (Kelas VIII)   (15.00 – 17.00)

Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler

Pilihan sesuai minat dan bakat

Pilihan sesuai minat dan bakat

Pilihan sesuai minat dan bakat

Pilihan sesuai minat dan bakat

Pilihan sesuai minat dan bakat

Pilihan sesuai minat dan bakat

Pilihan sesuai minat dan bakat

Pilihan sesuai minat dan bakat

Pilihan sesuai minat dan bakat

Pilihan sesuai minat dan bakat

Pilihan sesuai minat dan bakat

Tabel 3. Sistem Penilaian Pengembangan Diri SMP 1 Sewon

Kriteria Nilai Keterangan
Sangat Baik

Baik

Cukup

Kurang

Sangat Kurang

A

B

C

D

E

86 – 100

76 – 85

66 – 75

56 – 65

≤ 55

4. Beban Belajar

SMP 1 Sewon menyelenggarakan program pendidikan dengan menggunakan sistem paket yang telah disesuaikan dengan situasi dan kondisi lingkungan. Sistem Paket adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta didiknya diwajibkan mengikuti seluruh program pembelajaran dan beban belajar yang sudah ditetapkan untuk setiap kelas sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku. Beban belajar setiap mata pelajaran dinyatakan dalam  satuan jam pembelajaran.

Beban belajar peserta didik SMP 1 Sewon dirumuskan dalam bentuk satuan waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk mengikuti program pembelajaran melalui sistem tatap muka, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur.

Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik. Beban belajar kegiatan tatap muka pada SMP 1 Sewon ditetapkan berlangsung selama 40 menit untuk 1 jam pembelajaran dengan jumlah jam pembelajaran tatap muka per minggu 43 jam pembelajaran.

Penugasan terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaian penugasan terstruktur ditentukan oleh pendidik.

Kegiatan mandiri tidak terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaiannya diatur sendiri oleh peserta didik.

Waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur bagi peserta didik pada SMP 1 Sewon maksimum 50% dari jumlah waktu kegiatan tatap muka dari mata pelajaran yang bersangkutan.

Penyelesaian program pendidikan dengan menggunakan sistem paket pada SMP 1 Sewon adalah 3 (tiga) tahun.

Beban belajar kegiatan tatap muka keseluruhan SMP 1 Sewon adalah sebagaimana tertera pada Tabel 4 yang disajikan  berikut.

Tabel 4. Beban Belajar Kegiatan Tatap Muka Keseluruhan SMP 1 Sewon

Satuan Pendidikan Kelas Satu jam pemb. tatap muka (menit) Jumlah jam pemb. Per minggu Minggu Efektif per tahun ajaran Waktu pembelajaran per tahun Jumlah jam per tahun (@60 menit)
SMP 1 Sewon VII s.d. IX 40 43 34-38 1.428 – 1.596 jam pembelajaran

(57.120 – 63.840

menit)

952 – 1.064

5. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

a. Ketentuan Umum

1) KKM ditetapkan pada tiap awal tahun ajaran

2) KKM ditetapkan oleh forum MGMP tingkat sekolah

3) KKM dinyatakan dalam bilangan bulat dengan rentang 0 – 100

4) KKM disosialisasikan pada siswa/orangtua pada awal tahun ajaran

5) KKM dicantumkan dalam Laporan Hasil Belajar Siswa (Raport)

b. Mekanisme Penentuan KKM

1) Menetapkan rerata nilai intake peserta didik

2) Menetapkan rerata nilai daya dukung (guru, sarpras, lingkungan, dll)

3) Menetapkan rerata nilai kompleksitas mata pelajaran dengan cara menghitung  nilai rerata dari semua kompetensi dasar (KD)

4) Menetapkan KKM dengan cara menghitung rerata dari nilai point 1), 2), dan 3)

c. KKM Kelas VII

No.

Mata Pelajaran

KKM

KELAS VII

1. Pendidikan Agama 75
2. Pendidikan Kewarganegaraan 75
3. Bahasa Indonesia 75
4. Bahasa Inggris 70
5. Matematika 67
6. Ilmu Pengetahuan Alam 75
7. Ilmu Pengetahuan Sosial 72
8. Seni dan Budaya 70
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 70
10. Teknologi Informasi dan Komunikasi 75
11. Muatan Lokal:

a. Bahasa Jawa

70
b. PKK 71
Rerata 72.08

d. KKM Kelas VIII

No.

Mata Pelajaran

KKM

1. Pendidikan Agama 75
2. Pendidikan Kewarganegaraan 75
3. Bahasa Indonesia 75
4. Bahasa Inggris 70
5. Matematika 70
6. Ilmu Pengetahuan Alam 70
7. Ilmu Pengetahuan Sosial 71
8. Seni Dan Budaya 70
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 70
10. Teknologi Informasi dan Komunikasi 75
11. Muatan Lokal:

a. Bahasa Jawa

70
b. PKK 70
Rerata 71.75

e. KKM Kelas IX

No. Mata Pelajaran Aspek Penilaian KKM
1. Pendidikan Agama Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai

Penerapan

75

75

2. Pendidikan Kewarganegaraan Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai

Penerapan

75

75

3. Bahasa dan Sastra Indonesia Mendengarkan

Berbicara

Membaca

Menulis

Apresiasi Sastra

75

75

75

75

75

4. Bahasa Inggris Mendengarkan

Berbicara

Membaca

Menulis

70

70

70

70

5. Matematika Pemahaman Konsep

Penalaran & Penerapan Konsep

Pemecahan Masalah

70

65

60

6. Ilmu Pengetahuan Alam Pemahaman & Penerapan Konsep

Kinerja Ilmiah

68

68

7. Ilmu Pengetahuan Sosial Penguasaan Konsep

Penerapan

70

70

8. Seni Dan Budaya Apresiasi

Kreasi

70

70

9. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan

Kesehatan

Keterampilan Gerak Dasar

Keterampilan Cabang Olah Raga

Kebugaran dan Kesehatan

Pilihan … .

70

70

70

70

10. Teknologi Informasi dan

Komunikasi

Etika Pemanfaatan

Pengolahan dan Pemanfaatan Informasi

Penugasan Proyek

75

75

75

11. Muatan Lokal:

a. Bahasa Jawa

b. PKK

Mendengarkan

Berbicara

Membaca

Menulis

Pengetahuan

Praktik

70

70

70

70

70

70

Rerata 71,17

6. Penilaian, Kenaikan Kelas, dan Kelulusan

a. Penilaian

Penilaian adalah penerapan berbagai prosedur, cara, dan penggunaan beragam teknik penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana ketercapaian kompetensi (hasil belajar) siswa. Berikut adalah ketentuan penilaian Kurikulum SMP 1 Sewon.

1)      Teknik penilaian yang digunakan adalah a) portofolio, b) unjuk kerja,                    c) penugasan/ proyek, d) hasil kerja (produk), dan e) tes.

2)      Penggunaan teknik penilaian yang termaksud pada point 1) disesuaikan dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa.

3)      Hasil penilaian dapat berupa nilai kualitatif (pernyataan naratif dalam kata-kata) atau kuantitatif (berupa angka).

4)      Guru melakukan penilaian minimal 3 (tiga) kali dalam 1 (satu) semester.

5)      Sekolah melakukan penilaian melalui;

a)  Ulangan Tengah Semester I & II

b) Ulangan Akhir Semester

c) Ulangan Kenaikan Kelas

d) Ujian Sekolah

e) Ujian Nasional

b. Kenaikan Kelas

Kenaikan kelas dilaksanakan pada tiap akhir tahun ajaran. Peserta didik kelas VII dan VIII SMP 1 Sewon dinyatakan naik kelas, apabila :

  1. Tidak memiliki nilai kurang (tidak tuntas) lebih dari  4 (empat) mata pelajaran.
  2. Ketidakhadiran tanpa keterangan (alpa) kurang dari 5% dalam satu tahun pelajaran.
  3. Nilai kepribadian minimal C (Semester 1) dan B (Semester 2).
  4. Nilai pengembangan diri minimal cukup (C).

c. Kelulusan

Peserta didik kelas IX SMP 1 Sewon dinyatakan lulus, apabila :

  1. Memiliki  nilai raport semester akhir dan sebelumnya.
  2. Ketidakhadiran tanpa keterangan (alpa) kurang dari 5% dalam satu tahun pelajaran.
  3. Nilai kepribadian minimal C (Semester 1) dan B (Semester 2).
  4. Nilai pengembangan diri minimal cukup (C), diambil dari nilai semester genap kelas sebelumnya (Kelas VIII).
  5. Lulus Ujian Sekolah (USEK).
  6. Lulus Ujian Nasional (UN).

d. Kriteria Lulus Ujian Sekolah

Peserta didik kelas IX SMP 1 Sewon dinyatakan lulus ujian sekolah, apabila :

  1. Mengikuti semua mata pelajaran yang diujikan oleh sekolah, baik ujian tertulis maupun praktik.
  2. Memiliki nilai minimal 5,00 untuk semua mata pelajaran yang diujikan oleh sekolah dengan rerata minimal  6,00.

e. Kriteria Lulus Ujian Nasional

Menyesuaikan Keputusan BSNP tentang Prosedur Operasi Standar (POS) Ujian Nasional Tahun Ajaran yang berjalan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s